EFEKTIVITAS METODE MULTISENSORI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA PESERTA DIDIK DISLEKSIA DI SEKOLAH DASAR

Mahilda Dea Komalasari, UPY (2016) EFEKTIVITAS METODE MULTISENSORI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA PESERTA DIDIK DISLEKSIA DI SEKOLAH DASAR. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel Mahilda PGSD 2016.pdf

Download (356kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengukur efektivitas metode multisensory dalam meningkatkan kemampuan membaca peserta didik disleksia di kelas 2 SDN Tamasari 3 Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yang menyajikan perubahan kemampuan membaca subjek setelah mendapat perlakuan. Subyek dalam penelitian ini adalah lima peserta didik kelas dua SDN Tamansari 3 Yogyakarta yang menderita disleksia. Perlakuan menggunakan metode multisensori diberikan secara klasikal selama empat kali pertemuan dengan durasi 2 x jam pelajaran di setiap pertemuan. Kemampuan membaca permulaan anak diukur dengan meminta anak membaca kata sederhana. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil tes membaca dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan hasil pengamatan dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil deskripsi data menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan membaca peserta didik disleksia. Hal itu ditunjukkan oleh peningkatan jumlah pengenalan kata, waktu membaca, serta jumlah banyak kata yang dibaca per menit.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: metode multisensori, kemampuan membaca pada peserta didik disleksia sekolah dasar
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Pendidikan Khusus; Anak Berkebutuhan Khusus dan Inklusi
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 24 Sep 2016 07:28
Last Modified: 24 Sep 2016 07:28
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1111

Actions (login required)

View Item View Item