Anggun Nofitasari, 12144600133 (2016) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS LECTORA INSPIRE MATERI FUNGSI ORGAN PERNAPASAN MANUSIA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen 1_ hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar.pdf Download (31MB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (31MB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (31MB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (31MB) |
||
|
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf Download (31MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana mengembangkan media pembelajaran berbasis Lectora Inspire pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Golo, dan (2) mengetahui ketuntasan belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis Lectora Inspire pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Golo Yogyakarta. Metode pada penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Golo Yogyakarta pada semester ganjil. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Golo Yogyakarta sebanyak 29 siswa. Prosedur pengembangan: Potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba terbatas, revisi produk, uji coba lapangan, revisi produk, dan prodak akhir. Teknik dan pengumpulan data: angket pedoman wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan: angket lembar validasi ahli materi dan ahli media menggunakan skala likert, angket respon siswa menggunakan skala Gutman, Pedoman wawancara guru menggunakan analisis deskripsi, dan tes menggunakan KKM. Hasil penelitian (1) pengembangan ini menunjukkan bahwa produk berbasis multimedia pembelajaran interaktif ditinjau dari aspek isi, pembelajaran, tampilan dan pemrograman layak untuk digunakan. Hal ini ditunjukkan oleh hasil penelitian ahli materi dengan jumlah skor 155 dengan kriteria sangat baik. Ahli media menilai produk dari aspek tampilan dengan jumlah skor 45 dalam kriteria baik dan aspek pemrograman dengan jumlah skor 59 dalam kriteria baik. Hasil angket respon siswa uji coba lapangan diperoleh presentase 93,10% dalam kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil respon guru terhadap media pembelajaran yaitu media pembelajaran berbasis Lectora Inspire mudah digunakan untuk mengajar kepada anak-anak pada materi fungsi organ pernapasan manusia. (2) Hasil ketuntasan rata-rata dari nilai pre-test 68,10 dengan presentase 68,10% dengan kriteria cukup. Sedangkan rata-rata dari nilai post-test 81,89 dengan presentase 81,89% dalam kriteria baik. Dari 29 siswa, semua siswa sudah mencapai nilai KKM ≥75 dengan presentase 100% dengan kriteria sangat baik. Hasil angket respon siswa uji coba terbatas diperoleh presentase 92% dalam kriteria sangat baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media Pembelajaran, Lectora Inspire, IPA |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sains untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 05 Sep 2016 05:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 05:13 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1098 |
Actions (login required)
View Item |