EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI SEJARAH BENUA AUSTRALIA BERBASIS MULTIMEDIA

John Sabari, UPY and Wibawa, UPY and Marti Widya Sari, UPY (2016) EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI SEJARAH BENUA AUSTRALIA BERBASIS MULTIMEDIA. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
20160828_John Sabari.pdf

Download (452kB) | Preview

Abstract

Secara geografis, Australia merupakan negara besar terdekat dengan Indonesia. Dalam berbagai bidang Indonesia dengan Australia mempunyai jalinan hubungan seperti bidang politik, ekonomi, sosial budaya maupun bidang pendidikan. Australia sebagai benua dan kepulauan merupakan hal yang perlu dibahas secara menyeluruh. Pada penelitian ini dibahas tentang efektivitas pemanfaatan media pembelajaran interaktif pada materi Sejarah Benua Australia berbasis multimedia. Metode yang digunakan adalah menggunakan metode uji coba, refleksi dan melakukan analisis hasil. Pengujian media pembelajaran dilakukan dengan menguji aplikasi yang dibuat lalu diuji coba kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah. Selanjutnya dilakukan pengisian kuesioner oleh mahasiswa. Hasil pengisian kuesioner menunjukkan bahwa skor rata-rata sebelum menggunakan media pembelajaran adalah 2,92, kemudian setelah menggunakan media pembelajaran terdapat kenaikan yaitu dengan skor rata-rata adalah 3,08. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Sejarah Benua Australia meningkatkan hasil pembelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sejarah, Australia, Benua Australia, media pembelajaran, geografis
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 30 Aug 2016 06:39
Last Modified: 30 Aug 2016 06:39
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1026

Actions (login required)

View Item View Item