Ellina Yeni Kurnia, 12144100016 (2016) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII SMP N 15 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (508kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (589kB) |
||
Text
BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (738kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (387kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual pada pembelajaran matematika ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP N 15 Yogyakarta. Penelitian dilakukan di SMP N 15 Yogyakarta. Jenis peneitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian Pretest Posttest Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA dan VIIID SMP N 15 Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016 dan objek penelitian adalah kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan pembelajaran kontekstual. Penelitian menggunakan sampel dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan pendekatan pembalajaran kontekstual dan kelas kontrol dengan pengajaran konvensional, dimana kedua kelas telah diberikan pretest guna mengetahui kemampuan awal siswa. Teknik analisis digunakan dalam penelitian ini adalah validitas instrumen, reliabilitas instrumen, taraf kesukaran instrumen dan daya pembeda instrumen. Hasil pretest kedua kelas menunjukkan bahwa kelas dalam keadaan sama atau setimbang. Uji normalitas nilai pretest menggunakan software SPSS 20 diperoleh nilai p value 0,200 0,05 pada kelas kontrol dan kelas eksperimen sehingga dapat disimpulkan kedua kelas tersebut berdistribusi normal. Kemudian dilakukan uji homogenitas dan diperoleh nilai p value 0,150 0,05 artinya kedua kelas tersebut mempunyai variansi yang homogen. Posttest dilakukan setelah kedua kelas diberikan perlakuan. Nilai rata-rata posttest kelas kontrol mencapai 77,2 dengan 1,715 1,692 hitung tabel t t sehingga pengajaran konvensional berpengaruh. Nilai ratarata Posttest kelas eksperimen mencapai 79 dengan 2,275 1,692 hitung tabel t t , sehingga pendekatan pembelajaran kontekstual berpengaruh. Hasil uji t dua sampel independen untuk dua sisi menunjukkan nilai p value 0,538 0,05, sehingga dapat disimpulkan kedua kelas memiliki nilai rata-rata yang sama. Selanjutnya hasil uji t dua sampel independen untuk dua sisi (sisi kiri) menunjukkan nilai 0,538 0,269 0,05 2 2 p value sehingga pendekatan pembelajaran kontekstual tidak lebih berpengaruh dibandingkan pengajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan pembelajaran kontekstual, pengaruh, berpikir kreatif |
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | FITRI RIANI |
Date Deposited: | 30 Aug 2016 05:10 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 05:10 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1025 |
Actions (login required)
View Item |