PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII SMP N 15 YOGYAKARTA

Ellina Yeni Kurnia, 12144100016 (2016) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII SMP N 15 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (589kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (738kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (387kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual pada pembelajaran matematika ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP N 15 Yogyakarta. Penelitian dilakukan di SMP N 15 Yogyakarta. Jenis peneitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian Pretest Posttest Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA dan VIIID SMP N 15 Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016 dan objek penelitian adalah kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan pembelajaran kontekstual. Penelitian menggunakan sampel dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan pendekatan pembalajaran kontekstual dan kelas kontrol dengan pengajaran konvensional, dimana kedua kelas telah diberikan pretest guna mengetahui kemampuan awal siswa. Teknik analisis digunakan dalam penelitian ini adalah validitas instrumen, reliabilitas instrumen, taraf kesukaran instrumen dan daya pembeda instrumen. Hasil pretest kedua kelas menunjukkan bahwa kelas dalam keadaan sama atau setimbang. Uji normalitas nilai pretest menggunakan software SPSS 20 diperoleh nilai p  value  0,200  0,05 pada kelas kontrol dan kelas eksperimen sehingga dapat disimpulkan kedua kelas tersebut berdistribusi normal. Kemudian dilakukan uji homogenitas dan diperoleh nilai p  value  0,150  0,05 artinya kedua kelas tersebut mempunyai variansi yang homogen. Posttest dilakukan setelah kedua kelas diberikan perlakuan. Nilai rata-rata posttest kelas kontrol mencapai 77,2 dengan 1,715 1,692 hitung tabel t   t  sehingga pengajaran konvensional berpengaruh. Nilai ratarata Posttest kelas eksperimen mencapai 79 dengan 2,275 1,692 hitung tabel t   t  , sehingga pendekatan pembelajaran kontekstual berpengaruh. Hasil uji t dua sampel independen untuk dua sisi menunjukkan nilai p  value  0,538  0,05, sehingga dapat disimpulkan kedua kelas memiliki nilai rata-rata yang sama. Selanjutnya hasil uji t dua sampel independen untuk dua sisi (sisi kiri) menunjukkan nilai 0,538 0,269 0,05 2 2 p  value    sehingga pendekatan pembelajaran kontekstual tidak lebih berpengaruh dibandingkan pengajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan pembelajaran kontekstual, pengaruh, berpikir kreatif
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 30 Aug 2016 05:10
Last Modified: 30 Aug 2016 05:10
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1025

Actions (login required)

View Item View Item