HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MATARAM KASIHAN BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016

LELY FAUZIA, 11144200070 (2016) HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MATARAM KASIHAN BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen I ( Cover - Bab I ).PDF

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Dokumen II ( BAB II ).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] Text
Dokumen III ( BAB III ).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)
[img] Text
Dokumen IV ( BAB IV ).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen V (bab v- lampiran).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara bimbingan orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Mataram Kasihan Bantul tahun ajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Mataram Kasihan Bantul Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 144 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebesar 50 anak dengan menggunakan teknik quota random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara bimbingan orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Mataram Kasihan Bantul tahun ajaran 2015/2016 dengan diketahui nilai rhitung sebesar 0,586 dengan p = 0,000 lebih kecil dari  = 0,05. Dengan demikian semakin baik dan efektif bimbingan orang tua terhadap siswa maka semakin tinggi prestasi belajar siswa, sebaliknya semakin kurang bimbingan orang tua maka semakin rendah prestasi belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa dengan pelaksanaan program bimbingan dan konseling khususnya bimbingan orang tua yang efektif akan meningkatkan sikap dan perilaku siswa yang baik dalam mencapai prestasi belajar siswa. Diharapkan sekolah dan guru BK mampu meningkatkan pelayanan bimbingan konseling melalui program kegiatan yang mendukung tercapainya prestasi belajar yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bimbingan orang tua, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah > Psikologi Konseling
Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah > Pola asuh
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 26 Aug 2016 07:51
Last Modified: 26 Aug 2016 07:51
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1008

Actions (login required)

View Item View Item