PROGRAM LESSON STUDY SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN LEARNING COMMUNITY GURU PPKn SMP PGRI KASIHAN DAN SMP MATARAM KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA

Agus Asianto, 12144300054 (2016) PROGRAM LESSON STUDY SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN LEARNING COMMUNITY GURU PPKn SMP PGRI KASIHAN DAN SMP MATARAM KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DOKUMEN 1_ hlm, Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga daftar isi dan BAB I.pdf

Download (511kB) | Preview
[img] Text
DOKUMEN BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
DOKUMEN BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] Text
DOKUMEN BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
DOKUMEN BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img]
Preview
Text
DOKUMEN BAB VI dan Daftar Pustaka+Lampiran Penting.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; (1) menganalisis pelaksanaan program lesson study sebagai upaya meningkatkan learning community guru PPKn SMP PGRI Kasihan dan SMP Mataram Kabupaten Bantul Yogyakarta; serta (2) mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam program lesson study sebagai upaya meningkatkan learning community guru PPKn SMP PGRI Kasihan dan SMP Mataram Kabupaten Bantul Yogyakarta. Penelitian kualitatif ini dilaksanakan di SMP PGRI Kasihan dan SMP Mataram Kabupaten Bantul Yogyakarta. Subjek penelitian ini sebanyak delapan orang yang terdiri atas satu orang guru PPKn dari SMP PGRI Kasihan dan satu orang guru PPKn dari SMP Mataram serta dua orang Kepala sekolah, serta empat orang observer. Analisis data menggunakan deskriptif dan deduktif dengan kajian naturalistik sehingga dapat menghasilkan kesimpulan berdasarkan dari data yang diperoleh. Metode pengumpulan data dengan mengunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data ditempuh dengan strategi triangulasi data yaitu dengan membandingkan data yang diperoleh dengan data yang lainnya. Hasil penelitian menghasilkan kesimpulan (1) Peningkatan learning community dapat dicermati dengan adanya (a) Komunikasi dua arah, antara guru model dan observer; (b) Terjadi saling bertukar informasi; (c) Terjadi kerjasama; serta (d) Intensitas learning community berlanjut pada proses pembelajaran selanjutnya; (2) Terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat dari pelaksanaan lesson study, antara lain; (a) Guru antusias dalam mengikuti lesson study; (b) Sivitas akademika mendukung pelaksanaan lesson study; (c) Tersediannya fasilitas sekolah; serta (d) adanya mitra dari Universitas PGRI Yogyakarta yang membimbing pelaksanaan lesson study. Faktor penghambat; (a) Penguasaan ilmu teknologi yang kurang; (b) Kesukaran penjadwalan dari pelaksanaaan lesson study; (c) Kemampuan guru dalam menciptakan inovasi pembelajaran kurang; serta (d) Guru terkendala dengan administrasi lesson study baik dalam pembuatan laporan maupun artikel pelaksanaan kegiatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lesson Study, Learning Community
Subjects: Politik > Kewarganegaraan; Pendidikan kewarganegaraan
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 19 Aug 2016 04:15
Last Modified: 19 Aug 2016 04:15
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/969

Actions (login required)

View Item View Item