PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN POWERPOINT PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI SDN WIROKERTEN BANGUNTAPAN BANTUL

Ika Cahyasari, 12144600174 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN POWERPOINT PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI SDN WIROKERTEN BANGUNTAPAN BANTUL. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Dokemen BAB V, DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan PowerPoint pada mata pelajaran IPS kelas V di SDN Wirokerten, untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif menggunakan PowerPoint pada mata pelajaran IPS untuk siswa kelas V SD, dan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran interaktif PowerPoint pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Wirokerten pada semester gasal. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Wirokerten sebanyak 27 siswa. Prosedur pengembangan: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk,validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan produksi massal. Teknik pengumpulan data: angket, pedoman wawancara, pedoman observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif yang terdiri terdiri dari konversi skala 5 dan persentase skala 5. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa produk media pembelajaran interaktif layak untuk digunakan. Hal ini ditunjukkan oleh hasil penilaian ahli materi dengan skor 75 dengan kriteria sangat baik. Hasil penilaian dari ahli media adalah 125 berkriteria sangat baik. Respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif menggunakan PowerPoint pada mata pelajaran IPS untuk siswa kelas V SD sebesar 88,6% pada uji coba terbatas dan berkriteria baik sekali. Sedangkan hasil respon siswa pada uji coba lapangan sebesar 87,5% dan mendapat kriteria baik sekali.Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V tentang media pembelajaran interaktif menggunakan PowerPoint menyatakan bahwa media tersebut sudah layak dan sudah sesuai untuk digunakan sebagai media pembelajaran IPS kelas V, materi yang ada dalam media juga sudah sesuai. Hasil observasi pada uji coba terbatas memperoleh skor total 46 dengan rata-rata 4,6 dan berkriteria sangat baik, sedangkan pada uji coba lapangan memperoleh skor total 46 dengan rata-rata 4,6 dan berkriteria sangat baik. Hasil rata-rata dari nilai pre-test adalah 59 dengan persentase 59% dengan kriteria cukup. Dari 20 siswa ada 3 siswa yang mencapai nilai KKM ≥ 73. Sedangkan rata-rata dari nilai post-test 80,75 dengan persentase 80,75 % dengan kriteria baik. Dari 20 siswa, semua siswa sudah mencapai nilai KKM ≥ 73 dengan persentase 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran Interaktif, PowerPoint, IPS
Subjects: Karya Umum > Ilmu Pengetahuan Umum
Komputer > Program Aplikasi Khusus (microsoftword, Game, powerpoint,dll)
Sosial
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 15 Aug 2016 04:51
Last Modified: 15 Aug 2016 04:51
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/948

Actions (login required)

View Item View Item