UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI TEGALSARI PURWOSARI GIRIMULYO KULON PROGO

Wahyu Ari Wibowo, 12144600057 (2016) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI TEGALSARI PURWOSARI GIRIMULYO KULON PROGO. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1;hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar Isi dan BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (638kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran.pdf

Download (29MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) pada siswa kelas IV SD Negeri Tegalsari Purwosari Girimulyo Kulon Progo. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SD Negeri Tegalsari Purwosari Girimulyo Kulon Progo tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 11 siswa yang terdiri atas 5 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, tes serta dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalisis deskriptif dengan menggunakan rata-rata dan persentase ketuntasan siswa. Hasil Penelitian Tindakan Kelas pada mata pelajaran IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH), diperoleh hasil bahwa nilai rata-rata evaluasi belajar siswa mengalami peningkatan dari yang semula sebesar 61,90 meningkat pada siklus I menjadi 75,09 dan meningkat menjadi 78,54 pada siklus II. Sedangkan persentase ketuntasan belajar siswa meningkat dari 36,3% pada pra siklus menjadi 63,3% pada siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 81,81%. Selain itu, aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari 67,48% pada siklus I dan meningkat menjadi 76,65% pada siklus II. Dengan demikian membuktikan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Tegalsari Purwosari Girimulyo Kulon Progo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar IPS, model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH)
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 12 Aug 2016 07:10
Last Modified: 12 Aug 2016 07:10
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/938

Actions (login required)

View Item View Item