MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA JAWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE ROLE PLAYING BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA KELAS III SD NEGERI 2 LEMBUPURWO MIRIT KEBUMEN

Ayu Agustin Tri Kusuma Wardani, 12144600068 (2016) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA JAWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE ROLE PLAYING BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA KELAS III SD NEGERI 2 LEMBUPURWO MIRIT KEBUMEN. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1;hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar Isi dan BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Dokumen Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] Text
Dokumen Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran.pdf

Download (30MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan prestasi belajar Bahasa Jawa dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe role playing berbasis kearifan lokal pada siswa kelas III SD Negeri 2 Lembupurwo Mirit Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan langkahlangkah yang terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan (tindakan), observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran cooperative learning tipe role playing berbasis kearifan lokal. Analisis data menggunakan pedoman penilaian berbicara, rata-rata hitung, dan persentase ketuntasan belajar. Berdasarkan analisis data penelitian, keterampilan berbicara yang diperoleh siswa saat pra siklus rata-rata 57 dengan ketuntasan 32% pada siklus I rata-rata 63 dengan ketuntasan 46% dan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 77 dengan ketuntasan 86%. Sedangkan, prestasi belajar yang diperoleh siswa saat pra siklus rata-rata 59 dengan ketuntasan 39% pada siklus I rata-rata 69 dengan ketuntasan 57% dan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 79 dengan ketuntasan 96%. Dari hasil penelitian tersebut, kesimpulan yang dapat diambil adalah penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe role playing berbasis kearifan lokal dapat meningkatkan keterampilan berbicara dan prestasi belajar Bahasa Jawa, sehingga meningkatkan ketuntasan klasikal yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara, Prestasi Belajar, Cooperative Learning, Role Playing Berbasis Kearifan Lokal
Subjects: Sosial > Sosiologi dan Antropologi
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Kemampuan Berbahasa untuk Pendidikan Dasar
Bahasa > Bahasa Indonesia > Bahasa-bahasa Daerah di Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 12 Aug 2016 06:57
Last Modified: 12 Aug 2016 06:57
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/937

Actions (login required)

View Item View Item