PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS KELAS IV SD DONOTIRTO TAHUN AJARAN 2015/2016

Purwaningsih, 12144600017 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS KELAS IV SD DONOTIRTO TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1_hlm, Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar Isi dan BAB I,.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka+Lampiran Penting.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran, mengetahui tingkat kelayakan produk, mengetahui respon siswa, dan mengetahui peningkatan rata-rata prestasi belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran ular tangga berbasis pendidikan karakter. Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Pengembangan media dilakukan dengan menggunakan metode Borg & Gall yang terdiri dari 10 langkah yaitu, potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk (terbatas), angket respon siswa, ujicoba produk (kelompok besar), revisi produk, dan produk akhir. Penelitian ini dilaksanakan di SD Donotirto,Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta kelas 4, dengan melibatkan 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, kuesioner, observasi, dan wawancara tidak terstruktur. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran ular tangga berbasis pendidikan karakter berhasil dikembangkan melalui beberapa langkah, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk (terbatas), angket respon siswa, ujicoba produk (kelompok besar), revisi produk, dan produk akhir. Hasil kelayakan diperoleh dari penilaian 2 ahli materi dengan persentase 88% dan 85% dengan kategori sangat layak, ahli media persentase 87% dengan kategori sangat layak. Hasil dari respon siswa terhadap media pembelajaran pada uji terbatas diperoleh persentase 87% dengan kategori sangat menarik, sedangkan pada uji kelompok besar yaitu 93% dengan kategori sangat menarik. Selain itu siswa juga mampu menanamkan nilai-nilai karakter disetiap permainannya yaitu dari keempat aspek nilai jujur, disiplin, kerja keras, dan tanggung jawab dengan perolehan nilai 81 masuk ke dalam kategori baik. Nilai rata-rata pretes 6,4, sedangkan rata-rata postes adalah 8,5. Dengan demikian, media pembelajaran ular tangga bebasis pendidikan karakter yang dikembangkan dianggap layak dijadikan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media Pembelajaran, Ular Tangga, Pendidikan Karakter
Subjects: Pendidikan > Etika Pendidikan; pendidikan karakter, budi pekerti, moral
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto
Date Deposited: 12 Aug 2016 04:27
Last Modified: 12 Aug 2016 04:27
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/934

Actions (login required)

View Item View Item