ENOK RIRIS MULYANI, 12144200157 (2016) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DAN SIKAP SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PAJANGAN, BANTUL, YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen 1_ hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap prestasi belajar siswa, (2) pengaruh positif sikap sosial terhadap prestasi belajar siswa, (3) pengaruh positif layanan bimbingan kelompok dan sikap sosial terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Pajangan, Bantul tahun pelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Pajangan, Bantul tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 131 siswa. Pengambilan dengan menggunakan teknik quota random sampling yakni sejumlah 64 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan dokumentasi dan angket yang divalidasi dengan validitas konstruk. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Ada pengaruh positif layanan bimbingan kelompok dengan prestasi belajar siswa, dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx1y = 0,427 dengan p = 0,001 < 0,05, yang berarti semakin baik dan efektif pelaksanaan layanan bimbingan kelompok pada siswa, maka semakin tinggi prestasi belajar siswa, (2) Ada pengaruh positif sikap sosial terhadap prestasi belajar siswa dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx2y = 0,416 dengan p = 0,000 < 0,05, yang berarti semakin tinggi sikap sosial siswa maka semakin tinggi pula prestasi belajar yang dicapai siswa, (3) Ada pengaruh positif layanan bimbingan kelompok dan sikap sosial terhadap prestasi belajar siswa dengan mengetahui hasil perhitungan angka harga Fhitung = 10,101 dengan (p) 0,000 < 0,05, yang artinya semakin baik dan efektif pelaksanaan layanan bimbingan kelompok pada siswa dan semakin tinggi sikap sosial pada siswa akan meningkatkan prestasi belajar yang dicapai siswa. Implikasi dalam penelitian ini, memberi petunjuk kepada pihak sekolah bahwa pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dan sikap sosial yang dimiliki siswa adalah penting artinya bagi peningkatan prestasi belajar siswa. Sekolah memiliki peran penting melalui berbagai program kegiatan dalam terwujudnya pelaksanaan layanan bimbingan kelompok secara efisien dan pemahaman tentang sikap sosial dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | layanan bimbingan kelompok, sikap sosial, prestasi belajar |
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar Pendidikan > Sosiologi Pendidikan: aspek sosial dalam pendidikan Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 10 Aug 2016 07:47 |
Last Modified: | 10 Aug 2016 07:47 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/909 |
Actions (login required)
View Item |