UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS V SD 2 PATALAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Apriatun, 12144600083 (2016) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS V SD 2 PATALAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DOKUMEN 1.pdf

Download (773kB) | Preview
[img] Text
DOKUMEN BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] Text
DOKUMEN BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] Text
DOKUMEN BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DOKUMEN BAB V.pdf

Download (49MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD 2 Patalan yang berjumlah 16 siswa dengan siswa laki-laki sebanyak 12 dan perempuan sebanyak 4 siswa. Obyek penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar IPS melalui model pembelajaran cooperative learning tipe NumberedHeads Together (NHT). Prosedurpenelitian yang dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulandata pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi dan tes. Data yang diperoleh pada penelitian ini menggunakan rumus rata-rata dan persentase ketuntasan siswa yang diperoleh melalui tes pada tiap siklus, Indikator keberhasilan penelitian ini adalah 75% siswa sudah mencapai nilai KKM sebesar 75. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar IPS melalui model model pembelajaran cooperative learning tipe Numbered HeadsTogether (NHT). Diketahui bahwa nilai pra siklus diperoleh persentase ketuntasan 31% dengan nilai rata-rata 64,06. Siklus I persentase ketuntasan 43,75% dengan nilai rata-rata siswa 67,5 dan siklus II persentase ketuntasan mencapai 81,25% dengan nilai rata-rata siswa 81,15.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar, model pembelajaran cooperative learning tipe Numbered Heads Together (NHT)
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 10 Aug 2016 02:37
Last Modified: 10 Aug 2016 02:37
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/905

Actions (login required)

View Item View Item