HUBUNGAN BIMBINGAN KELUARGA DAN KEDISIPLINAN BELAJAR DENGAN CARA BELAJAR PADA SISWA KELAS VII SMP PGRI KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

NUR INDAH FADLIANI, 12144200076 (2016) HUBUNGAN BIMBINGAN KELUARGA DAN KEDISIPLINAN BELAJAR DENGAN CARA BELAJAR PADA SISWA KELAS VII SMP PGRI KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1.pdf_hlm. sampul, abstrak, persetujuan...hingga Daftar Isi dan BAB I.pdf

Download (843kB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara bimbingan keluarga dengan cara belajar siswa, (2) hubungan antara kedisiplinan belajar dengan cara belajar siswa, (3) hubungan antara bimbingan keluarga dan kedisiplinan belajar dengan cara belajar siswa kelas VII SMP PGRI Kasihan Bantul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP PGRI Kasihan Bantul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 90 siswa. Pengambilan dengan menggunakan teknik quota random sampling yakni sejumlah 60 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan dokumentasi dan angket yang divalidasi dengan validitas konstruk. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Ada hubungan positif dan signifikan antara bimbingan keluarga dengan cara belajar siswa, dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx1y = 0,576 dengan p = 0,000 < 0,05, yang berarti semakin baik dan efektif pelaksanaan bimbingan keluarga pada siswa, maka semakin baik cara belajar siswa, (2) Ada hubungan positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar dengan cara belajar siswa dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx2y = 0,561 dengan p = 0,000 < 0,05, yang berarti semakin tinggi kedisiplinan belajar siswa maka semakin baik pula cara belajar siswa, (3) Ada hubungan positif dan signifikan antara bimbingan keluarga dan kedisiplinan belajar dengan cara belajar siswa dengan mengetahui hasil perhitungan angka harga Fhitung = 20,953 dengan (p) 0,000 < 0,05, yang artinya semakin baik dan efektif pelaksanaan bimbingan keluarga pada siswa dan semakin tinggi kedisiplinan belajar pada siswa akan meningkatkan cara belajar siswa. Implikasi dalam penelitian ini, memberi petunjuk kepada pihak sekolah bahwa pelaksanaan bimbingan keluarga dan kedisiplinan belajar yang dimiliki siswa adalah penting artinya bagi peningkatan cara belajar siswa yang lebih baik. Sekolah memiliki peran penting melalui pelaksanaan program kegiatan dalam terwujudnya pelaksanaan bimbingan keluarga secara efisien dan pemahaman tentang kedisiplinan belajar dalam upaya peningkatan cara belajar siswa yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bimbingan keluarga, kedisiplinan belajar, cara belajar
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah > Pola asuh
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Kedisiplinan di sekolah; hukuman, penghargaan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 02 Aug 2016 01:32
Last Modified: 02 Aug 2016 01:32
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/900

Actions (login required)

View Item View Item