KUMOLOWATI HARIMURTI, 10144100235 (2016) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 1 MLATI. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen 1_ hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar.pdf Download (72MB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (72MB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (72MB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (72MB) |
||
|
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf Download (72MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Mlati Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Mlati sejumlah 32 siswa tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan desain Kemmis dan Mc. Taggart. Tindakan dilakukan melalui tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, tes pemahaman konsep, lembar wawancara dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari : (1) rata-rata nilai pemahaman konsep matematika sebelum tindakan sabesar 59,82 dengan ketuntasan belajar siswa masih kurang (25%), dan setelah dilakukan tindakan meningkat menjadi 70,88 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai kategori cukup (68,75%) pada siklus I, dan menjadi 78,07 dengan ketuntasan belajar siswa kategori tinggi (84,38%) pada siklus II; (2) rata-rata pemahaman konsep matematika setiap indikator yaitu indikator A mencapai kategori cukup ( 74,98%), indikator B mencapai kategori cukup (69,94), indikator C mencapai kategori cukup (63,23%), indikator D mencapai kategori cukup (65,24%), indikator E mencapai kategori cukup (69,78%), indikator F mencapai kategori cukup (74,12%), dan indikator G mencapai kategori cukup (67,33%); (3) keterlaksanaan kegiatan guru dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terlaksana mencapai kategori tinggi (92,11%) dan kegiatan siswa mencapai kategori tinggi (75%) pada siklus I, meningkat pada siklus II mencapai kategori tinggi (94,74%) untuk kegiatan guru dan mencapai kategori tinggi (85,71%) untuk kegiatan siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Konsep Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 28 Jul 2016 06:16 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 06:16 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/894 |
Actions (login required)
View Item |