INAYAH ISKA HAMADA, 12144200114 (2016) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
COVER - BAB I.PDF Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB II PDF.pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) |
||
Text
BAB III PDF.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) |
||
Text
BAB IV PDF.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) |
||
|
Text
BAB V - LAMPIRAN.PDF Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh layanan bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa, (2) pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa, (3) pengaruh layanan bimbingan belajar dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP N 15 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 15 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 127 siswa. Pengambilan dengan menggunakan teknik quota sample yakni sejumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan dokumentasi dan angket yang divalidasi dengan validitas konstruk. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Ada pengaruh positif signifikan layanan bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa, dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx1y = 0,478 dengan p = 0,004 < 0,05, yang berarti semakin baik pelaksanaan bimbingan belajar terhadap siswa, maka semakin tinggi prestasi belajar siswa, (2) Ada pengaruh positif signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx2y = 0,447 dengan p = 0,008 < 0,05, yang berarti semakin tinggi kemandirian belajar siswa maka semakin tinggi pula prestasi belajar yang dicapai siswa, (3) Ada pengaruh positif signifikan layanan bimbingan belajar dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan mengetahui hasil perhitungan angka harga Fhitung = 5,203 dengan (p) 0,011 < 0,05, yang artinya semakin baik pelaksanaan layanan bimbingan belajar terhadap siswa dan semakin tinggi kemandirian belajar pada siswa akan meningkatkan prestasi belajar yang dicapai siswa. Implikasi dalam penelitian ini, memberi petunjuk kepada pihak sekolah bahwa layanan bimbingan belajar dan kemandirian belajar pada siswa adalah penting artinya bagi peningkatan prestasi belajar siswa. Sekolah memiliki peran penting dalam pelaksanaan layanan bimbingan belajar secara efisien dan pemahaman tentang kemandirian belajar dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | layanan bimbingan belajar, kemandirian belajar, prestasi belajar |
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 28 Jul 2016 04:23 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 04:23 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/891 |
Actions (login required)
View Item |