PENGARUH PENERAPAN METODE PENUGASAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD JEJERAN PLERET TAHUN PELAJARAN 2013/2014 DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR

ASLANHADI, 12155140049 (2016) PENGARUH PENERAPAN METODE PENUGASAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD JEJERAN PLERET TAHUN PELAJARAN 2013/2014 DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR. Tesis thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1_hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar .pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui : 1) pengaruh penggunaan metode Penugasan terhadap prestasi belajar PKn, 2) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar PKn, dan 3) pengaruh penggunaan metode Penugasan dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar PKn kelas V SD Jejeran Pleret tahun pelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa Kelas V SD Jejeran Pleret tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 2 kelas yaitu VA dan VB dengan jumlah siswa 56 anak. Seluruh populasi dijadikan Sampel Dimana kelas VA yang terdiri dari 28 siswa diberi metode penugasan dan kelas V B yang juga terdiri dari 28 siswa diberi metode konvensional. Pengumpulan data motivasi belajar dengan kuesioner dan prestasi belajar PKn dengan tes. Teknik analisis untuk menguji hipotesis adalah ANAVA AB .Faktoral 2x2 Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Ada perbedaan pengaruh antara penerapan metode pemberian tugas dengan metode konvensional terhadap prestasi belajar PKn Kelas V SD Jejeran Pleret Tahun Pelajaran 2013/2014, dengan thitung sebesar 2,732 dan p sebesar 0,008. 2) Ada perbedaan antara motivasi belajar tinggi dengan motivasi belajar rendah terhadap prestasi belajar PKn Kelas V SD Jejeran Pleret Tahun Pelajaran 2013/2014, dengan t-hitung sebesar 3,854 dan p sebesar 0,000, 3) Ada interaksi pengaruh penerapan metode penugasan dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar PKn Kelas V SD Jejeran Pleret Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan F-hitung sebesar 14,694 dan p sebesar 0,000.

Item Type: Thesis (Tesis)
Uncontrolled Keywords: Metode Penugasan, motivasi belajar, prestasi belajar PKn
Subjects: Politik > Kewarganegaraan; Pendidikan kewarganegaraan
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 31 May 2016 04:45
Last Modified: 31 May 2016 04:45
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/804

Actions (login required)

View Item View Item