UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS VI SDN 3 PENIRON KECAMATAN PEJAGOAAN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

ROKHMAT NURHADI, 12155140005 (2016) UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS VI SDN 3 PENIRON KECAMATAN PEJAGOAAN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Tesis thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1.pdf_hlm. sampul, abstrak, persetujuan...hingga Daf.pdf

Download (926kB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (881kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengupayakan peningkatan minat belajar melalui penerapan metode Jigsaw pada siswa kelas VI SDN 3 Peniron Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014. 2) mengupayakan peningkatan hasil belajar melalui penerapan metode Jigsaw pada siswa kelas VI SDN 3 Peniron Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 3 Peniron Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebumen. Jenis penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Subyek dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) melalui penerapan metode Jigsaw dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VI SDN 3 Peniron Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014, hal ini ditunjukkan dengan kategori minat belajar baik dan sangat baik yang dicapai pada pra siklus 25%, meningkat pada siklus I 40%, siklus II 55%, dan siklus III menjadi 85%. 2) melalui penerapan metode Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN 3 Peniron Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014, hal ini ditunjukkan siswa yang mencapai KKM pada pra siklus 20%, meningkat pada siklus I 45%, siklus II 65%, dan siklus III menjadi 100%.

Item Type: Thesis (Tesis)
Uncontrolled Keywords: minat, hasil belajar, Jigsaw
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 31 May 2016 04:41
Last Modified: 31 May 2016 04:41
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/803

Actions (login required)

View Item View Item