UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MENANGANI SURAT MASUK SISTEM KARTU KENDALI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SIMULASI PADA SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN 2 DI SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SITI RAHAYU NUGRAHENI, 12155140054 (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MENANGANI SURAT MASUK SISTEM KARTU KENDALI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SIMULASI PADA SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN 2 DI SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Tesis thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DOKUMEN 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
DOKUMEN BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] Text
DOKUMEN BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[img] Text
DOKUMEN BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (701kB)
[img]
Preview
Text
DOKUMEN BAB V, DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mengunakan model pembelajaran simulasi dalam materi pelajaran menangani Surat Masuk Sistem Kartu Kendali kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian dalam tesis ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dengan 2 siklus, setiap siklus dilakukan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Model pembelajaran menggunakan model pembelajaran Simulasi. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Yogyakarta dengan subjek penelitian siswa kelas X Administrasi Perkantoran 2 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes hasil belajar serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan memaparkan data, memberikan penjelasan secara rinci mengenai data-data yang bersifat umum dan individual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran 2 SMK Negeri 1 Yogyakarta mengalami peningkatan setelah menerapkan pembelajaran Simulasi dalam pembelajaran. Motivasi siswa mengalami peningkatan dalam tiap siklusnya. Pada siklus I siswa yang memperoleh nilai motivasi belajar dengan kriteria “Baik” sejumlah 22 orang atau sebesar 68,5%. Pada siklus II meningkat sebanyak 32 orang siswa memperoleh nilai motivasi dengan kriteria “Baik” atau sebesar 100%. Selain itu jumlah siswa yang masuk ke dalam kategori memenuhi KKM dalam perolehan nilai hasil belajar semakin meningkat, yaitu pra siklus seluruh siswa belum memenuhi kriteria KKM pada nilai hasil belajarnya atau sebesar 0%, sehingga ketuntasan belajar secara klasikal belum terpenuhi. Siklus I terdapat 26 siswa telah memenuhi KKM atau sebesar 81,25%, sehingga ketuntasan belajar secara kalsikal belum tercapai. Siklus II terdapat 32 siswa telah mendapat nilai hasil belajar memenuhi KKM atau sebesar 100%, sehingga ketuntasan belajar secara klasikal telah terpenuhi. Nilai rata-rata kelas juga mengalami peningkatan yaitu: pada kegiatan pra siklus diperoleh 52, siklus I diperoleh 78 atau meningkat sebesar 50%. Siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 85 atau meningkat sebesar 8,97%.

Item Type: Thesis (Tesis)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Hasil Belajar dan Model Pembelajaran Simulasi
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 31 May 2016 03:51
Last Modified: 31 May 2016 03:51
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/794

Actions (login required)

View Item View Item