SUKAR, 13255140020 (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KUTOARJO PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016. Tesis thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen 1; hlm. Sampul,Abstrak, Persetujuan....Hingga Daftar Isi dan BAB I.pdf Download (725kB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) |
||
|
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka - Lampiran Penting.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan motivasi belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kutoarjo, Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016. (2) meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kutoarjo, Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan mengikuti prosedur penelitian yang dikembangkan oleh Stephen Kemmis dan Robin Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya mencakup kegiatan perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Kutoarjo, Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu tes. Data dianalisis dengan menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penggunaan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan motivasi belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kutoarjo, Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo pada tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini terlihat pada saat pra siklus siswa yang mempunyai motivasi belajar IPS masuk dalam kategori minimal tinggi hanya 8 siswa (23,50%), pada siklus I meningkat menjadi 19 siswa (55,90%), dan pada siklus II meningkat menjadi 27 siswa (79,40%). 2) Penggunaan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kutoarjo, Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo pada tahun pelajaran 2014/2015. Hal ini terlihat pada pra siklus yang tuntas belajar hanya 16 siswa (47,06%) , pada siklus I meningkat menjadi 22 siswa (64,70%), dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 29 siswa (85,30%).
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kontekstual, motivasi, hasil belajar |
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 30 May 2016 07:13 |
Last Modified: | 30 May 2016 07:13 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/788 |
Actions (login required)
View Item |