Noviana Dwi Lestari, 09144100123 (2016) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) PADA SISWA KELAS VIIC SMP N 2 KALIBAWANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen BAB I & Lampiran Depan.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (685kB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (608kB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) |
||
|
Text
Dokumen BAB V & Lampiran.pdf Download (21MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) pada siswa kelas VIIC SMP N 2 Kalibawang. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara guru mata pelajaran matematika kelas VIIC SMP N 2 Kalibawang dengan peneliti. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIC yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Data penelitian ini diperoleh dari LKS, soal tes, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas belajar siswa, angket aktivitas belajar, catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah diterapkan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write pada materi segiempat yaitu (1) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIIC SMP N 2 Kalibawang karena dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) siswa dapat membangun pengetahuannya sendiri sehingga pemahaman siswa menjadi lebih baik, siswa dapat mengkomunikasikan atau mendiskusikan pemikirannya dengan teman sehingga siswa saling membantu dan saling bertukar pikiran. Selain itu, model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) membantu melatih siswa menuliskan hasil diskusinya ke bentuk tulisan secara sistematis sehingga siswa lebih mudah memahami materi. (2) Aktivitas belajar siswa meningkat dari persentase aktivitas pra tindakan sebesar 53,44% (kualifikasi rendah) menjadi 66,05% (kualifikasi tinggi) pada siklus I dan 77,56% (kualifikasi tinggi) pada siklus II. (3) Nilai siswa meningkat dari rata-rata nilai siswa pra tindakan sebesar 71,26 dengan ketuntasan 16,13% menjadi 75,03 dengan ketuntasan 48,39% pada siklus I, dan 80,01 dengan ketuntasan 90,32% pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write, aktivitas, prestasi belajar siswa |
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | FITRI RIANI |
Date Deposited: | 26 May 2016 05:41 |
Last Modified: | 26 May 2016 05:41 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/755 |
Actions (login required)
View Item |