HUBUNGAN BIMBINGAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2014/2015

DYAH PRASTIWI, 10144200051 (2016) HUBUNGAN BIMBINGAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1.pdf_hlm. sampul, abstrak, persetujuan...hingga Daftar Isi dan BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan bimbingan orang tua dengan prestasi belajar (2) hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar (3) hubungan bimbingan orang tua dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bantul Tahun Pelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bantul Tahun Pelajaran 2014/2015 sebanyak 148 siswa. Teknik pengambilan data dengan quota cluster random sampling berjumlah 60 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan angket. Teknik analisa data dengan menggunakan analisis korelasi dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Ada hubungan positif antara bimbingan orang tua dengan prestasi belajar siswa, dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx1y = 0,577 lebih besar dari rtabel = 0,254 dengan p = 0,000 < 0,05, yang berarti semakin baik bimbingan orang tua terhadap siswa akan semakin meningkatkan prestasi belajar siswa. (2) Ada hubungan positif motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa, dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx2y = 0,599 lebih besar rtabel = 0,254 dengan p = 0,000 < 0,05, yang berarti semakin tinggi motivasi siswa dalam belajar akan semakin meningkatkan prestasi belajar siswa. (3) Ada hubungan positif bimbingan orang tua dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa dengan mengetahui hasil perhitungan angka harga Fhitung = 25,151 dengan p = 0,000 < 0,05, yang artinya semakin baik bimbingan orang tua dan semakin tinggi motivasi belajar siswa, akan semakin meningkatkan prestasi belajar yang dicapai siswa. Implikasi dalam penelitian ini, dengan mengetahui hubungan bimbingan orang tua dan motivasi belajar dengan prestasi belajar maka menuntut guru dan orangtua untuk selalu bekerjasama dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dengan memberikan bimbingan terhadap siswa dalam belajar sehingga motivasi siswa dalam belajar lebih tinggi dan meningkatkan persepsi belajar siswa dengan didukung adanya pengetahuan, wawasan, dan pemahaman diri tentang kondisi dan perilaku siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bimbingan orang tua, motivasi belajar, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah > Psikologi Konseling
Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah > Pola asuh
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 26 May 2016 05:29
Last Modified: 26 May 2016 05:29
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/754

Actions (login required)

View Item View Item