S U M A R J O, 13155140008 (2016) UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS VI SDN KLEPU KECAMATAN KRANGGAN KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Tesis thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
DOKUMEN 1.pdf Download (858kB) | Preview |
|
Text
DOKUMEN BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (427kB) |
||
Text
DOKUMEN BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) |
||
Text
DOKUMEN BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (459kB) |
||
|
Text
DOKUMEN BAB V, DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Download (607kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan kreativitas belajar IPS melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas VI SDN Klepu Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung Tahun Pelajaran 2014/2015.2) meningkatkan hasil Belajar IPS melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas VI SDN Klepu Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN Klepu berjumlah 24 siswa. Prosedur penelitian meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan 1) Kreativitas Belajardapat ditingkatkan melalui metode pembelajaran problem based learning siswa kelas VI SDN Klepu Kranggan Temanggung Tahun Pelajaran 2014/2015, hal ini ditunjukkan pada kreativitas belajar siswa yang tergolong baik dan baik sekali pada prasiklus menunjukkan persentase 58.33% meningkat pada siklus I mejadi 75% dan pada siklus 87.5%. Hal tersebut diperoleh dari pengamatan langsung yang dilakukan oleh peneliti pada saat proses pembelajaran di kelas. 2) Hasil Belajar dapat ditingkatkan melalui metode pembelajaran problem based learning siswa kelas VI SDN Klepu Kranggan Temanggung Tahun Pelajaran 2014/2015, ditunjukkan dari peningkatan rata-rata hasil belajar mata pelajaran IPS pada pra siklus dengan nilai rata-rata 70.83 atau 14 siswa (58.33%) yang mencapai nilai KKM 75, pada siklus I menjadi nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 76.67 atau 17 siswa (70.83%) mencapai nilai KKM, dan pada siklus II dengan nilai ratarata meningkat menjadi 79.33 atau 21 siswa (87,5% mencapai nilai KKM).
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kreativitas, prestasi belajar, problem based learning |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan IPS |
Depositing User: | FITRI RIANI |
Date Deposited: | 26 May 2016 04:13 |
Last Modified: | 26 May 2016 04:13 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/749 |
Actions (login required)
View Item |