PENGARUH METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH NGIJON 1 SLEMAN

RIZKY SETYANINGRUM, 18144600042 (2022) PENGARUH METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH NGIJON 1 SLEMAN. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img] Text
RIZKY_PENGARUH METODE OUTDOOR STUDI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas 4 dengan metode Outdoor Study pada mata pelajaran IPA materi Bagian-bagian Pada Tumbuhan (Penelitian Pada Siswa Kelas 4 SD Muhammadiyah Ngijon 1 Kecamatan Moyudan Kabupaten Sleman). Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Experimental dengan model Pretest Posttest Control Group Design. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 52 orang siswa terdiri dari 26 siswa kelompok eksperimen dan 26 kelompok kontrol. Uji validitas instrumen tes dengan menggunakan rumus Correlation Product Moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpa dengan bantuan program SPSS For Windows Versi 23.0. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipoteis. Analisis data menggunakan uji Independent Sample T-Test dengan bantuan program SPSS For Windows Versi 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Outdoor Study berpengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif IPA. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji Independent Sample T-Test pada kelompok eksperimen didapatkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0, 000 (signifikansi < 0,05). Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata hasil belajar kognitif IPA antara kelompok eksperimen sebesar 9,00 dan kelompok kontrol sebesar 7,24. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Outdoor Study memberikan pengaruh yang lebih besar atau signifikan dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Outdoor Study, Hasil Belajar Kognitif IPA.
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Achmad Ari Wibowo
Date Deposited: 04 Jan 2024 01:39
Last Modified: 04 Jan 2024 01:39
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/7438

Actions (login required)

View Item View Item