ARGO SUPENO, 14155140030 (2016) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 3 SAMPANG KECAMATAN SEMPOR MELALUI MEDIA KARTU PETA BUTA TAHUN 2015/2016. Tesis thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen 1.pdf_hlm. sampul, abstrak, persetujuan...hingga Daftar Isi dan BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
||
|
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan :(1).Meningkatkan motivasi belajar IPS Siswa SD Negeri 3 Sampang Sempor Kebumen melalui media kartu peta buta tahun pelajaran 2015 /2016 .(2) Meningkatkan prestasi belajar IPS siswa SD Negeri 3 Sampang Sempor Kebumen melalui media kartu peta buta tahun pelajaran 2015 /2016 Metode dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan 2 Siklus,tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu :perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitin ini dilaksanakan kurang lebih selama 3 bulan yaitu mulai bulan Januari samapai bulan Maret 2016 .Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Sampang Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen sejumlah 26 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 12 Siswa perempuan .Sumber data penelitian ini adalah siswa, observer, tes,dan dokumentasi.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,tes ,angket dan dokumentasi.Validasi data menggunakan triangulasi.Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1).Penggunaan media kartu peta buta dapat meningkatkan prestasi dan motivasi belajar IPS tentang keberagaman budaya bangsaku pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Sampang tahun pelajaran 2015/2016 .Hal ini dibuktikan dengan peningkatan prestasi belajar siswa yang terjadi dari siklus kesiklus.Pada kondisi awal presentase ketuntasan belajar siswa baru mencapai 27 % dengan nilai rata-rata 59,81,pada siklus I persentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 57,69% dengan nilai rata –rata kelas 72,5.Pada siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat yaitu 80,77 % dengan niali rata –rata kelas 78,08, sedangkan untuk motivasi belajar siswa berdasarkan hasil angket siswa pada pra-siklus 2,30 atau katagori kurang baik ,(presentase motivasi belajar 55% ).Sedangkan pada siklus I 3,31 motivasi belajar siswa termasuk dalam kategori cukup baik, (presntase motivasi belajarnya 65 % ).Sedangkan hasil angket pada siklus II 3,83 menunjukan motivasi belajar siswa termasuk dalam kategori baik,(presentase motivasi belajarnya 75 %).
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar IPS ,Peta Buta |
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll. |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 24 May 2016 04:20 |
Last Modified: | 24 May 2016 04:20 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/739 |
Actions (login required)
View Item |