ANALISIS PENGARUH MOTIVASI, LINGKUNGAN KERJA DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN SENTRA KERAJINAN BATIK WIJIREJO KECAMATAN PANDAK KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA

ARIS HADI KUSNIAWAN, 11133200051 (2016) ANALISIS PENGARUH MOTIVASI, LINGKUNGAN KERJA DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN SENTRA KERAJINAN BATIK WIJIREJO KECAMATAN PANDAK KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1.pdf_hlm.Ssampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daf.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (373kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hubungan antara motivasi kerja terhadap kinerja karyawan ; (2) hubungan antara lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan; (3) hubungan antara kepemimpinan terhadap kinerja karyawan; (4) hubungan antara motivasi kerja, libngkungan kerja dan kepemimpinan secara bersama-sama terhadap kinerja karyawan pada sentra kerajinan batik Wiji Rejo kecamatan Panda Kabupaten Bantul Yogyakarta. Penelitian dilakukan di sentra kerajinan batik Wiji Rejo Kecamatan Pandak Kabupaten Bantul Yogyakarta pada tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif inferensial dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Subyek penelitian berupa sampel sebanyak 80 karyawan dari populasi karyawan sentra kerajinan batik Wiji Rejo Kecamatan Pandak Kabupaten Bantul Yogyakarta. Data diperoleh melalui angket. Angket diuji validitas serta uji reliabilitas. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda yang dilanjutkan dengan uji t pada taraf signifikansi α = 0,05, serta uji F yang digunakan untuk uji simultan lalu dilanjut dengan koefisien determinasi untuk mengetahui seberapa kuat antara variabel independen terhadap variabel dependen dengan bantuan program SPSS versi 23. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : (1) Ada hubungan positif dan signifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja karyawan sentra kerajinan batik Wiji Rejo Kecamatan Panda Kabupaten Bantul Yogyakarta” hal ini dibuktikan hasil thitung 2,869 dengan nilai signifikansi 0,009 < 0,05. (2) Ada hubungan positif dan signifikan antara lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan sentra kerajinan batik Wiji Rejo Kecamatan Pandak Kabupaten Bantul Yogyakarta” hal ini dibuktikan hasil thitung 2,453 dengan nilai signifikansi 0,016 < 0,05. (3) Ada hubungan positif tetapi tidak signifikan antara kepemimpinan terhadap kinerja karyawan sentra kerajinan batik Wiji Rejo Kecamatan Pandak Kabupaten Bantul Yogyakarta “ hal ini dibuktikan hasil thitung 1,985 dengan nilai signifikansi 0,051 > 0,05. (4) Motivasi kerja, lingkungan kerja dan kepemimpinan secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja karyawan sentra kerajinan batik Wiji Rejo Kecamatan Pandak Kabupaten Bantul Yogyakarta” hal ini dibuktikan hasil Fhitung sebesar 16,545 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Besarnya pengaruh motivasi kerja, lingkungan kerja dan kepemimpinan secara bersama-sama sebesar 0,395 (39,5%). Hasil penelitian ini menyimpulkan adanya pengaruh antara motivasi kerja, lingkungan kerja dan kepemimpinan terhadap kinerja karyawan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi kerja, lingkungan kerja, kepemimpinan, kinerja karyawan
Subjects: Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 24 May 2016 02:33
Last Modified: 24 May 2016 02:33
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/733

Actions (login required)

View Item View Item