UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI, MOTIVASI, DAN PRESTASI BELAJAR IPS DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH SISWA KELAS IXC SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015-2016

NUNUK MUJIATI, 14155140016 (2016) UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI, MOTIVASI, DAN PRESTASI BELAJAR IPS DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH SISWA KELAS IXC SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015-2016. Tesis thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1.pdf_hlm. sampul, abstrak, persetujuan...hingga Daftar Isi dan BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (745kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan partisipasi, motivasi dan prestasi belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe make a match siswa kelas IXC SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015-2016. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan model spiral dari Kemmis dan Taggart. Subyek penelitian adalah siswa Kelas IXC SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015-2016 sebanyak 34 siswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes (angket, observasi dan dokumentasi). Tehnik analisis data adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Model pembelajaran cooperative learning tipe make a match dikatakan dapat meningkatkan partisipasi, motivasi dan prestasi belajar siswa, apabila 85% dari seluruh siswa memiliki partisipasi kategori baik dan sangat baik, 85% dari seluruh siswa memiliki motivasi kategori tinggi dan sangat tinggi, serta 85% dari seluruh siswa memiliki prestasi belajar ≥ 75. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan model pembelajaran cooperative learning tipe make a match dapat meningkatkan partisipasi, motivasi dan prestasi belajar IPS siswa kelas IXC SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta tahun pelajaran 2015-2016. Hal tersebut dapat dilihat dari partisipasi belajar siswa di setiap siklus mengalami peningkatan. Pada pratindakan 0% menjadi 64.7% di siklus I, kemudian naik lagi menjadi 100% pada siklus II, sedangkan motivasi belajar pada pratindakan menunjukkan angka 17.65%, kemudian meningkat menjadi 85.29% pada sklus I dan meningkat menjadi 94.12% pada siklus II. Peningkatan terjadi pula pada prestasi belajar siswa, dari pratindakan sebesar 41.18% menjadi 67.5% di siklus I kemudian meningkat menjadi 88.23% pada siklus II untuk mata pelajaran IPS Kelas IXC di SMP Muhammadiyah 3 yogyakarta Tahun Pelajaran 2015-2016.

Item Type: Thesis (Tesis)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Motivasi dan Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe make a match
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 21 May 2016 04:13
Last Modified: 21 May 2016 04:13
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/717

Actions (login required)

View Item View Item