UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKADENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS VIIIB SMP NEGERI 3 TANJUNGSARI TAHUN AJARAN 2014/2015

DIAH AJENG TITISARI, 08144100009 (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKADENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS VIIIB SMP NEGERI 3 TANJUNGSARI TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1.pdf_hlm. sampul, abstrak, persetujuan...hingga Daftar Isi dan BAB I.pdf

Download (629kB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi kubus dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Siswa Kelas VIII B SMP N 3 Tanjungsari. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Tanjungsari pada tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian adalah semua siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Tanjungsari dan obyek penelitian adalah pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Teknis analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menelaah seluruh data yang tersedia, baik data kualitatif maupun data kuantitatif dari berbagai sumber yaitu dari hasil observasi, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Proses pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat dikatakan berhasil karena hasil observasi keterlaksanaan pada siklus kedua> 75 % yaitu mencapai 100%. (2) Proses pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat mencapai KKM hal ini dapat dilihat dari nilai rata – rata tes belajar hasil belajar siswa pada siklus kedua mencapai 75. (3) Persentase hasil ketuntasan belajar siswa dengan menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat dikatakan berhasil karena mencapai 100% pada siklus kedua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, pembelajaran kooperatif dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL).
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 21 May 2016 04:09
Last Modified: 21 May 2016 04:19
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/715

Actions (login required)

View Item View Item