PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PPKn MELALUI MODEL KOOPERATIF DEBAT PESERTA DIDIK KELAS XI TPBO SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2015-2016

Diah Herawati, 14155140010 (2016) PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PPKn MELALUI MODEL KOOPERATIF DEBAT PESERTA DIDIK KELAS XI TPBO SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2015-2016. Tesis thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1.pdf_hlm. sampul, abstrak, persetujuan...hingga Daftar Isi dan BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar PPKn melalui model kooperatif debat bagi peserta didik kelas XI TPBO SMK Negeri 2 Depok Sleman Tahun Pelajaran 2015-2016. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari tiga siklus dan empat tahapan yakni (1) menyusun rencana tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI TPBO SMK Negeri 2 Depok Sleman, pengumpulan data dilakukan dengan angket, lembar observasi, dan tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) model kooperatif debat dapat meningkatkan minat belajar PPKn kelas XI TPBO SMK Negeri 2 Depok Sleman. Hal ini ditunjukkan minat belajar peserta didik meningkat, dari hasil pra siklus rerata minat sebesar 67,23%, siklus I dengan rerata 76,59%, siklus II rerata minat belajar meningkat menjadi 78,67%, dan siklus III rerata meningkat menjadi 83,55%. (2) Model kooperatif debat dapat meningkatkan hasil belajar PPKn peserta didik, pada pra siklus rerata nilai sebesar 72,70%, pada siklus I meningkat menjadi 78,83%, pada siklus II menunjukkan peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 83,00%, dan terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus III dengan rerata sebesar 86,33%.

Item Type: Thesis (Tesis)
Uncontrolled Keywords: Minat, Hasil Belajar PPKn, Model Kooperatif Debat
Subjects: Politik > Kewarganegaraan; Pendidikan kewarganegaraan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 21 May 2016 02:00
Last Modified: 21 May 2016 02:00
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/700

Actions (login required)

View Item View Item