Esi Nofi Rahmawati, 09144100017 (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS VIIIB SMP NEGERI 1 MLATI. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen 1_hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar .pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi teorema Pythagoras melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas VIIIB SMP Negeri 1 Mlati. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Mlati pada tahun ajaran 2015/ 2016. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang menggunakan alur penelitian tindakan kelas model Spiral dari Kemmis dan Taggart dengan beberapa tahap penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB SMP Negeri 1 Mlati yang berjumlah 32 siswa dan objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika materi teorema Pythagoras dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif maupun kuantitatif dengan melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, triangulasi, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas VIIIB SMP Negeri 1 Mlati materi teorema Pythagoras dapat disimpulkan bahwa : (1) pembelajaran pada siklus I dan siklus II mulai dari tahap persiapan, presentasi guru, kegiatan kelompok, presentasi kelompok, dan evaluasi secara umum sudah terlaksana dengan baik sesuai dengan RPP. Persentase keterlaksanaan pembelajaran mencapai 91,92% (kualifikasi tinggi) pada siklus I dan 99,27% (kualifikasi tinggi) pada siklus II. (2) hasil belajar ranah afektif siswa meningkat dari persentase hasil belajar ranah afektif siswa pra tindakan sebesar 39,02% (kualifikasi rendah) menjadi 69,80% (kualifikasi cukup) pada siklus I, dan 76,68% (kualifikasi tinggi) pada siklus II; (3) hasil belajar ranah kognitif siswa meningkat dari rata-rata ) hasil belajar ranah kognitif siswa pra tindakan sebesar 60 (kualifikasi cukup) dengan ketuntasan mencapai 31,25% menjadi 67,44 (kualifikasi cukup) dengan ketuntasan mencapai 37,50% pada siklus I, dan 81,12 (kualifikasi tinggi) dengan ketuntasan mencapai 78,12% pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS), hasil belajar ranah afektif dan ranah kognitif, keterlaksanaan pembelajaran |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 21 May 2016 01:44 |
Last Modified: | 21 May 2016 01:44 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/698 |
Actions (login required)
View Item |