i PENGARUH LAYANAN INFORMASI KARIR TERHADAP MINAT MENGIKUTI PROGRAM PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP PADA SISWA TUNA RUNGU WICARA KELAS VII SMPLB DI SLB KRIDA MULIA GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2015/2016

RABET MURIANA, 12144200003 (2016) i PENGARUH LAYANAN INFORMASI KARIR TERHADAP MINAT MENGIKUTI PROGRAM PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP PADA SISWA TUNA RUNGU WICARA KELAS VII SMPLB DI SLB KRIDA MULIA GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Dokumen II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] Text
Dokumen III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text
Dokumen IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] Text
Dokumen V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen VI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan informasi karir terhadap minat mengikuti program pendidikan kecakapan hidup pada siswa tuna rungu wicara kelas VII SMPLB di SLB Krida Mulia Gunungkidul Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, subyek penelitian ini adalah siswa tuna rungu wicara kelas VII SMPLB dan guru Bimbingan dan Konseling. Pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi data antara wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Layanan informasi karir pada siswa tuna rungu wicara bertujuan untuk memberikan pemahaman karir dan perencanaan karir yang berpengaruh terhadap minat untuk mengikuti program pendidikan kecakapan hidup. Kendala-kendala yang terjadi dalam pelaksanaan layanan informasi karir pada siswa tuna rungu wicara yaitu; 1) siswa kurang memahami bahasa guru, dan siswa kurang memahami materi dalam metode ceramah, 2) kurangnya dana atau anggaran biaya dalam metode karya wisata dan konferensi karir, 3) siswa kurang senang membaca atau belum lancar membaca dalam metode buku panduan, dan 4) nara sumber kurang jelas dalam menyampaikan materi dalam metode konverensi karir. Kendala-kendala pelaksanaan layanan informasi karir pada siswa tuna rungu wicara diatasi dengan cara sebagai berikut; 1) Memperjelas artikulasi dan dengan bahasa isyarat dalam penyampaian lisan, serta Dengan menggunakan LCD proyektor untuk memperjelas materi. 2) Dengan merencanakan dan menyusun permohonan anggaran biaya dalam metode karya wisata dan konferensi karir. 3) Dengan membudayakan membaca dan bimbingan membaca pada metode buku panduan 4) Dengan fasilitas pendampingan siswa pada metode konferensi karir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Layanan informasi karir terhadap minat
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Pendidikan/ Pengajaran: hubungan guru dengan siswa, manajemen kelas
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Pendidikan Khusus; Anak Berkebutuhan Khusus dan Inklusi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 20 May 2016 03:30
Last Modified: 20 May 2016 03:30
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/693

Actions (login required)

View Item View Item