PENGARUH KINERJA GURU, PERHATIAN ORANG TUA, DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD NEGERI DI UPT PPD KECAMATAN BANTUL TAHUN 2015

WENING NURDIYAH, 132551400010 (2016) PENGARUH KINERJA GURU, PERHATIAN ORANG TUA, DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD NEGERI DI UPT PPD KECAMATAN BANTUL TAHUN 2015. Tesis thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
HAL SAMPUL DAN PENGESAHAN.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (106kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja guru, perhatian orang tua, dan minat belajar terhadap prestasi belajar PKN pada siswa Kelas V SD Negeri di Kecamatan Bantul Tahun 2015 Populasi penelitian ini adalah 642 siswa kelas V SD Negeri di Kecamatan Bantul. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling sebesar 130 responden yang terbagi dalam 5 sekolah dasar yaitu SD Karangmojo, SD Bantul Timur, SD 1 Trirenggo, SD Priyan dan SD Palbapang Baru. Teknik pengumpulan data adalah dengan kuesioner dan dokumen. Teknik analisis data meliputi : 1) deskripsi data, 2) uji normalitas, 3) uji linieritas dan uji hipotesis. Uji hipotesis yang digunakan adalah analisis regresi ganda tiga predictor.. Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) kinerja guru (X1) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar PKN (Y). Hal ini dibuktikan dengan hasil penghitungan regresi diperoleh bahwa variabel kinerja guru (X1) r hitung lebih besar dari r tabel ( 0,735 > 0,171) dengan probalilitas variabel X1 (0,000) lebih kecil dari taraf signifikan 0,05. (2) Variabel perhatian orang tua (X2) mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS (Y). Hal ini dibuktikan dengan hasil penghitungan regresi diperoleh hasil bahwa variabel perhatian orang tua (X2) r hitung lebih besar dari r tabel (0,519 > 0,171) dengan probabililitas variabel X2 (0,000) lebih kecil dari taraf signifikan 0,05. (3) Variabel minat belajar (X3) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar PKN (Y), Hal ini dapat dilihat dari hasil penghitungan regresi diperoleh hasill bahwa variabel minat belajar (X3) r hitung lebih besar dari r tabel (0,417 > 0,171) dengan probalilitas variabel X3 (0,000) lebih kecil dari taraf signifikan 0,05. (4) Berdasarkan hasil penghitungan regresi dapat disimpulkan bahwa F hitung lebih besar dari Ftabel (57,105 >3,92) dengan nilai probabilitas terjadinya kesalahan F hitung sebesar 0.000. Hasil ini membuktikan bahwa secara simultan kinerja guru, perhatian orang tua, dan minat belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar. Sumbangan efektif ketiga variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 57,6%.

Item Type: Thesis (Tesis)
Uncontrolled Keywords: kinerja guru, perhatian orang tua, minat belajar, prestasi belajar PKN
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah > Pola asuh
Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Guru/Tenaga Pendidik, Ahli Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 13 May 2016 02:56
Last Modified: 13 May 2016 02:56
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/669

Actions (login required)

View Item View Item