SITI FATHIYAH SUNATI, 13155140006 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN MINAT, MOTIVASI, DAN AKTIFITAS BELAJAR IPS DI KELAS IV A SEKOLAH DASAR NEGERI 4 WATES KABUPATEN KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Tesis thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
DOKUMEN 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
DOKUMEN BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (479kB) |
||
Text
DOKUMEN BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) |
||
Text
DOKUMEN BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (482kB) |
||
|
Text
DOKUMEN BAB V, DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Download (983kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat, motivasi, dan keaktifan belajar siswa melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa Kelas IV A SD Negeri 4 Wates Kulon Progo Tahun Pelajaran 2014/2015. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IV A SD Negeri 4 Wates Kulon Progo Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan wawancara Prosedur penelitian meliputi rencana, tindakan, observasi, refleksi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik diskriptif kuantitatif dengan persentase Hasil penelitian mengungkapkan bahwa 1) Peningkatan Minat Belajar melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas IVA SD Negeri 4 Wates Kabupaten Kulon Progo, hal ini dapat dilihat dari peningkatan minat belajar siswa yang dilihat dari pra siklus, minat siswa yang berkategori baik sebesar 57,14%, meningkat pada siklus I 71,43% dan pada siklus II meningkat menjadi 92,86%. 2) Peningkatan Motivasi Belajar melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas IVA SD Negeri 4 Wates Kabupaten Kulon Progo, hal ini dapat dilihat dari peningkatan motivasi belajar siswa yang dilihat dari pra siklus, motivasi siswa yang berkategori baik sebesar 50%, meningkat pada siklus I 64,28% dan pada siklus II meningkat menjadi 96.43%. 3) Peningkatan Aktivitas Belajar melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas IVA SD Negeri 4 Wates Kabupaten Kulon Progo, hal ini dapat dilihat dari peningkatan aktivitas belajar siswa yang dilihat dari pra siklus, aktivitas siswa yang berkategori baik sebesar 35,71%, meningkat pada siklus I 67,85% dan pada siklus II meningkat menjadi 85,62%.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran CTL, minat, motivasi, aktivitas |
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 13 May 2016 02:25 |
Last Modified: | 13 May 2016 02:25 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/665 |
Actions (login required)
View Item |