UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 3 BANTUL

Eti Sunarni, 11144100154 (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 3 BANTUL. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (935kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (916kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (817kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIIB SMP Negeri 3 Bantul dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Shar (TPS). Penelitian dilakukan di SMP Negeri 3 Bantul, Bantul, Yogyakarta pada semester gasal tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan empat tahapan, yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 3 Bantul yang berjumlah 28 siswa. Objek penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket motivasi, tes, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS pada materi Garis dan Sudut yang dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran pada siswa kelas VIIB SMP Negeri 3 Bantul dapat disimpulkan bahwa: (1) motivasi belajar siswa dalam kategori tinggi meningkat dari pra tindakan 2 siswa (7,14%), pada siklus I sebanyak 9 siswa (32,14%), pada siklus II sebanyak 22 siswa (78,67%); (2) prestasi belajar matematika siswa meningkat dengan nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa sebesar 40 (kategori kurang) dengan ketuntasan 3,5% pada pra tindakan, meningkat pada siklus I menjadi 71.3 (kategori cukup) dengan ketuntasan 53,57%, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 78,71 (kategori tinggi) dengan ketuntasan 85,71%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Prestasi Belajar, dan Pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 12 May 2016 03:54
Last Modified: 12 May 2016 03:54
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/651

Actions (login required)

View Item View Item