UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS VIIID SMP MATARAM KASIHAN

ERSAD, 10144100079 (2016) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS VIIID SMP MATARAM KASIHAN. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Dokumen II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)
[img] Text
Dokumen III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB)
[img] Text
Dokumen IX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Dokumen V dan daftar Pustaka- lampiran.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa kelas VIIB SMP Mataram Kasihan, melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi Relasi dan Fungsi . Penelitian ini dilakukan di SMP Mataram Kasihan Kabupaten Bantul pada tahun 2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII D SMP Mataram Kasihan Kabupaten Bantul tahun ajaran 2015/2016 dan objek penelitian adalah minat dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yakni siklus I terdiri dari tiga kali pertemuan dan siklus II terdiri dari tiga kali pertemuan. Pada setiap akhir siklus dilaksanakan tes siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes tertulis, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan diskriptif kualitatif maupun data kuantitatif dari berbagai sumber yaitu dari hasil observasi, tes tertulis, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII D SMP Mataram Kasian Kabupaten Bantul pada pembelajaran matematika yaitu pratindakan dari 58,95 % (kategori rendah), pada siklus I yaitu 77,87 % (kategori tinggi) dan meningkat menjadi 80,28% (kategori sangat tinggi) pada siklus II. (2) Hasil tes prestasi matematika siswa juga mengalami peningkatan, yaitu pada tes pra tindakan nilai rata-rata kelas sebesar 61,73 (kategori rendah) dengan persentase ketuntasan belajar 34,61%, pada tes siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 72,12 (kategori sedang) dengan persentase ketuntasan belajar 65,48 % dan pada tes siklus II nilai rata-rata kelas 77,31 (kategori tinggi) dengan persentase ketuntasan belajar 84,62%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS), minat belajar siswa, prestasi belajar matematika
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 12 May 2016 02:44
Last Modified: 12 May 2016 02:44
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/645

Actions (login required)

View Item View Item