UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS VIII C SMP MATARAM KASIHAN

ERA DWI TERANG SETO ABADI, 10144100115 (2016) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS VIII C SMP MATARAM KASIHAN. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DOKUMEN 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
DOKUMEN 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)
[img] Text
DOKUMEN 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img] Text
DOKUMEN 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (958kB)
[img]
Preview
Text
DOKUMEN 5 dan daftar pustaka-lampiran.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIIIC SMP Mataram Kasian, melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT). Penelitian ini dilakukan di SMP Mataram Kasian Kabupaten Bantul pada tahun 2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMP Mataram Kasian Kabupaten Bantul tahun ajaran 2015/2016 dan objek penelitian adalah prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yakni siklus I terdiri dari tiga kali pertemuan dan siklus II terdiri dari tiga kali pertemuan. Pada setiap akhir siklus dilaksanakan tes siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes tertulis, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menelaah seluruh data baik data kualitatif maupun data kuantitatif dari berbagai sumber yaitu dari hasil observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT)dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIIIC SMP Mataram Kasihan Kabupaten Bantul pada pembelajaran matematika yaitu pada tes pra tindakan nilai rata-rata kelas sebesar 50,76 (kategori rendah) dengan persentase ketuntasan belajar 19,23%pada tes siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 72,11 (kategori sedang) dengan persentase ketuntasan belajar 57,70%dan pada tes siklus II nilai rata-rata kelas 76,73 (kategori tinggi) dengan persentase ketuntasan belajar 80, 77%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif Team Games Tournament (TGT), hasil tes prestasi matematika
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 12 May 2016 02:40
Last Modified: 12 May 2016 02:40
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/644

Actions (login required)

View Item View Item