Isti Kholimah, 11144100029 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRY TERBIMBING SISWA KELAS VIII D SMPN 4 PANDAK BANTUL. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen 1_ hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan ... hingga Daft.pdf Download (570kB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (402kB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (784kB) |
||
|
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika dalam pembelajaran matematika dengan strategi pembelajaran Inquiry terbimbing pada siswa kelas VIII D SMP N 4 Pandak Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara partisipatif dan kolaboratif. Objek dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran matematika di kelas VIII D SMP N 4 Pandak Bantul dengan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I dan siklus II masing-masing terdiri dari tiga kali pertemuan.Pada setiap akhir siklus diadakan tes siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa lembar observasi, tes, wawancara terhadap guru dan siswa, dan dokumentasi.Teknik analisa data menggunakan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dengan strategi pembelajaran Inquiry terbimbing pada siswa kelas VIII D SMP N 4 Pandak Bantul, dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. (1) dari hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 61,31% meningkat pada siklus II sebesar 83,03 %; (2) peningkatan tes kemampuan berpikir kritis siswa dapat dilihat dari hasil sebelum dilakukan tindakan dan setiap akhir siklus. Rata-rata pada tes kemampuan berpikir kritis pra tindakan 55,62% mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 69 (kualifikasi cukup) dan pada siklus II sebesar 85 (kualifikasi tinggi) Secara rinci peningkatan tes kemampuan berpikir kritis dari siklus I ke siklus II pada indikator mengenal masalah 67,58 % meningkat menjadi 75,48%, indikator menyelesaikan masalah 59,09 % meningkat menjadi 92,94%, indikator menganalisa data 57,26 % meningkat menjadi 93,58%, indikator menyampaikan asumsi atau pendapat 55,76 % meningkat menjadi 80,76%, indikator menarik kesimpulan 50,00 % meningkat menjadi 80,76 %.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran Inquiry terbimbing, Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | Psikologi > Kecerdasan intelektual dan mental > Daya khayal, imajinasi, kreativitas Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | FITRI RIANI |
Date Deposited: | 11 May 2016 04:05 |
Last Modified: | 11 May 2016 04:05 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/634 |
Actions (login required)
View Item |