VETI RESTU WULANDARl, 11144100141 (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIIIA SMP MATARAM KASIHAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT). Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
DOKUMEN AWAL - BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
DOKUMEN BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (459kB) |
||
Text
DOKUMEN BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (994kB) |
||
Text
DOKUMEN BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (594kB) |
||
|
Text
DOKUMEN BAB V & DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN.pdf Download (17MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIA SMP Mataram Kasihan tahun ajaran 2015/2016 pada materi gradien dan sistem persamaan linier dua variabel dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Mataram Kasihan pada tanggal 19 November - 27 November 2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran matematika SMP Mataram Kasihan dan siswa kelas VIIIA SMP Mataram Kasihan semester 1 tahun ajaran 2015/2016. Objek penelitian adalah proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada materi gradien dan sistem persamaan linier dua variabel. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana siklus pertama terdiri dari 3 pertemuan dan siklus kedua terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi, catatan lapangan dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah penyajian data, analisis data hasil observasi, analisis butir soal, analisis data angket motivasi. Penelitian ini dilakukan dengan tingkat keterlaksanaan 64,29% pada siklus I dan 85,71% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Upaya yang dilakukan adalah dengan pembentukan kelompok belajar dan sistem penomoran untuk setiap anggota kelompok yang menuntut siswa berperan aktif selama pembelajaran. Upaya tersebut mampu meningkatkan minat dan hasil belajar matematika. Meningkatkan motivasi siswa terhadap mata pelajaran matematika. Rata-rata motivasi siswa pada siklus I adalah 74,94% kategori baik, dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu menjadi sebesar 82,75% dengan kategori baik sekali; (2) Meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Rata-rata hasil belajar siswa pada tes siklus I sebesar 52% dan mengalami peningkatan pada tes siklus II sebesar 84%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) |
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 10 May 2016 03:24 |
Last Modified: | 10 May 2016 03:24 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/619 |
Actions (login required)
View Item |