PENGARUH KEMANDIRIAN SISWA, MOTIVASI BELAJAR, DAN PENDAPATAN ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 BANTUL SEMESTER I I TAHUN PELAJARAN 2011/2012

DIDIK SUWANTO, 10155140008 (2012) PENGARUH KEMANDIRIAN SISWA, MOTIVASI BELAJAR, DAN PENDAPATAN ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 BANTUL SEMESTER I I TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Tesis thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1_hlm. sampul, abstrak, persetujuan.. hingga daftar isi dan BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji (1) pengaruh kemandirian siswa terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Bantul pada semester II tahun pelajaran 2011/2012, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Bantul, Bantul pada semester II tahun pelajaran 2011/2012, (3) pengaruh pendapatan orang tua terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Bantul, Bantul pada semester II tahun pelajaran 2011/2012, (4) pengaruh kemandirian siswa, motivasi belajar, dan pendapatan orang tua secara bersama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Bantul, Bantul pada semester II tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Bantul tahun pelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 120 dengan sampel sejumlah 60 anak. Teknik sampling menggunakan random sampling. Metode pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Sebelum dilakukan uji hipotesis, dilakukan deskripsi data dan uji asumsi. Uji asumsi meliputi uji normalitas sebaran, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Uji hipotesis dengan metode korelasi. Metode korelasi yang digunakan adalah analisis produk moment dan analisis regresi. Analisis korelasi untuk menguji pengaruh antar variabel. Analisis regresi digunakan untuk menguji pengaruh semua variabel bebas dan variabel terikat, serta digunakan untuk mengetahui sumbangan efektif pada masing-masing variabel. Pengambilan keputusan signifikansi 0,05%. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) ada pengaruh positif dan signifikan kemandirian siswa terhadap prestasi belajar dimana r sebesar 0,801 dengan p = 0,000 atau p < 0,05; (2) ada pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar dimana r sebesar 0,847 dengan p = 0.000 atau p < 0,000 atau p < 0,05; (3) ada pengaruh positif dan signifikan pendapatan orang tua terhadap prestasi belajar dimana r sebesar 0,724 dengan p = 0,000 atau p < 0,05; (4) hasil analisis regresi menunjukkan ada pengaruh positif dan signifikan kemandiran siswa, motivasi belajar, dan pendapatan orang tua terhadap prestasi belajar dimana R sebesar 0,896 dan F sebesar 76,401 dengan R2 = 0,804 dimana p = 0,000. Sedangkan hasil perbandingan bobot prediktor untuk sumbangan efektif (SE%) pada variabel kemandirian siswa (X1) sebesar 26, 536, variabel motivasi belajar (X2) sebesar 37,010, variabel pendapatan orang tua (X3) sebesar 16,818.

Item Type: Thesis (Tesis)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian siswa, Motivasi belajar, Pendapatan orang tua, prestasi belajar
Subjects: Sosial > Permasalahan dan kesejahteraan Sosial
Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 10 May 2016 02:29
Last Modified: 10 May 2016 02:29
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/611

Actions (login required)

View Item View Item