UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS VII C SMP N 1 IMOGIRI BANTUL

Suatmaji Listyo Baroto, 11144100053 (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS VII C SMP N 1 IMOGIRI BANTUL. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1 hlm, BAB I.pdf

Download (685kB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (884kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V -Lampiran.pdf

Download (30MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik. Penelitian ini dilakukan dikelas VII C SMP N 1 Imogiri pada semester gasal tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 3 pertemuan. Dalam masing-masing siklus ada 4 tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting) Sebelum di lakukan penelitian, peneliti juga melakukan pra penelitian dengan memberikan soal tes hasil belajar kepada siswa, untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C semester gasal tahun ajaran 2015/2016 SMP Negeri 1 Imogiri sebanyak 30 siswa. Obyek penelitian ini adalah hasil belajar siswa melalaui pembelajaran dengan pendekatan saintifik materi himpunan. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lember observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini terlihat pada angket hasil belajar siswa yaitu Pada siklus pertama presentase angket minat siswa 74,34 % dalam kualifikasi cukup dan pada siklus kedua presentase kratifitas siswa meningkat menjadi 77,88 % dalam kualifikasi tinggi. Peningkatan hasil belajar siswa dapat terlihat pula dari hasil tes hasil belajar siswa yaitu pada pra tindakan, rata-rata hasil belajar siswa adalah 65,23 dalam kualifikasi cukup. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa adalah 69,37 dalam kualifikasi cukup. Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa adalah 80,41dalam kualifikasi tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar siswa, pembelajaran dengan pendekatan saintifik
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 10 May 2016 02:11
Last Modified: 10 May 2016 02:11
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/607

Actions (login required)

View Item View Item