UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VIII E SMP N 2 PAJANGAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Wahyu Setyorini, 11144100110 (2016) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VIII E SMP N 2 PAJANGAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Dokumen 1.pdf

Download (774kB) | Preview
[img] Text
2. Dokumen 2 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
3. Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[img] Text
4. Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
5. Dokumen BAB V.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII E SMP N 2 Pajangan setelah mengikuti kegiatan pembelajaran matematika dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian dilaksanakan di SMP N 2 Pajangan pada bulan Januari tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif antara guru dengan peneliti. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII E sebanyak 30 siswa dan objek penelitian adalah meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika melalui model Problem Based Learning (PBL). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, terdapat 3 kali pertemuan disetiap siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket minat, tes prestasi belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara deskriptif kuanititatif dengan hitung rata-rata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa SMP N 2 Pajangan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL) telah terlaksana pada siklus I dan siklus II sehingga dapat meningkat. Hal ini terbukti dari: (1) minat belajar pra penelitian dengan kategori tinggi dan sangat tinggi dicapai oleh 9 siswa (30,00%). Setelah dilakukan tindakan siklus I minat siswa meningkat dicapai oleh 17 siswa (56,67%). Pada siklus II minat dicapai oleh 24 siswa (80,00%). (2) Nilai rata-rata prestasi belajar pra penelitian adalah 54.83 (kategori cukup) dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 20,00% mejadi 68,12 (kategori tinggi) dengan tingkat ketuntasan belajar 43,30% pada siklus I, dan meningkat menjadi 77.00 (kategori tinggi) dengan tingkat ketuntasan mencapai 76,67% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning (PBL), minat belajar, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 09 May 2016 04:29
Last Modified: 09 May 2016 04:29
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/602

Actions (login required)

View Item View Item