UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS VIII B SMP MATARAM BANTUL

ZULKHERIS IRFAN, 10144100097 (2016) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS VIII B SMP MATARAM BANTUL. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
dokumen 1 BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas VIIIB SMP Mataram Bantul melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini dilakukan di SMP Mataram Kabupaten Bantul pada tahun 2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIB SMP Mataram Kabupaten Bantul tahun ajaran 2015/2016 dan objek penelitian adalah pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yakni siklus I terdiri dari tiga kali pertemuan dan siklus II terdiri dari tiga kali pertemuan. Pada setiap akhir siklus dilaksanakan tes siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan teknik deskriptif kualitatif maupun kuantitatif dari berbagai sumber yaitu dari hasil observasi, tes tertulis, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VIIIB SMP Mataram Kabupaten Bantul pada pembelajaran matematika yaitu pra tindakan dari 56,62 (kategori cukup), pada siklus I yaitu 68,16 (kategori tinggi) dan meningkat menjadi 79,52 (kategori tinggi) pada siklus II. (2) Hasil tes belajar matematika siswa juga mengalami peningkatan, yaitu pada tes pra tindakan nilai rata-rata kelas sebesar 63,46 (kategori cukup) dengan persentase ketuntasan belajar 30,77% (kategori sangat rendah), pada tes siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 72,31 (kategori tinggi) dengan persentase ketuntasan belajar 61,54% (kategori cukup) dan pada tes siklus II nilai rata-rata kelas 77,12 (kategori tinggi) dengan persentase ketuntasan belajar 76,92% (kategori tinggi).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT). minat belajar siswa, hasil tes belajar matematika
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 04 May 2016 04:19
Last Modified: 04 May 2016 04:19
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/575

Actions (login required)

View Item View Item