Melani Elisabeth Welerubun, 1114410060 (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS VIII SMP BOPKRI 5 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen 1; hlm, Sampul, Abstrak, Persetujuan, Daftar isi dan BAB I.PDF Download (1MB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (828kB) |
||
|
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka, Lampiran.PDF Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII SMP BOPKRI 5 Yogyakarta pada tahun 2015/2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP BOPKRI 5 Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016 dan objek penelitian adalah motivasi dan hasil belajar yang dibatasi pada ranah kognitif yaitu pengetahuan, pemahaman dan aplikasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari tiga kali pertemuan dan siklus II terdiri dari tiga kali pertemuan. Pada setiap akhir siklus dilaksanakan tes siklus. Dalam masingmasing siklus ada 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, catatan lapangan, dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara, lembar angket, catatan lapangan, soal tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif dan analisis data kuantitatif dengan rumus rata-rata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share memberikan dampak positif terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: peningkatan motivasi belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran sebelum tindakan sebesar 58,1 % dengan kategori cukup baik kemudian diperoleh 72,45 % dengan kategori baik pada siklus I dan 83,45 % dengan kategori sangat baik pada siklus II. Hasil belajar pada ranah kognitif yang dibatasi pada ranah kognitif yaitu pengetahuan, pemahaman dan aplikasi diperoleh nilai rata-rata 53,5 dengan ketuntasan 16,7 % menjadi 72 dengan ketuntasan 53,5 % pada siklus I. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 76,5 dengan ketuntasan 80 %.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | FITRI RIANI |
Date Deposited: | 04 May 2016 02:22 |
Last Modified: | 04 May 2016 02:22 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/564 |
Actions (login required)
View Item |