IFAH INDRIANA, 11144100117 (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH (MENCARI PASANGAN) PADA SISWA KELAS VIIIE SMP NEGERI 16 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen 1;hlm, sampul, abstrak, persetujuan, daftar isi dan BAB I.PDF Download (899kB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (385kB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (777kB) |
||
|
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka+Lampiran Penting.pdf Download (20MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika pada materi fungsi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada siswa kelas VIIIE SMP Negeri 16 Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 16 Yogyakarta pada bulan Oktober 2015. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan 4 tahapan yaitu: perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan(acting), pengamatan (observing), dan refleksi(reflecting), dan dilakukan dalam dua siklus. Subyek penelitan adalah siswa kelas VIIIE SMP Negeri 16 Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa sebanyak 34 siswa, Obyek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, tes hasil belajar, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data dengan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Matchpada siswa kelas VIIIE SMP Negeri 16 Yogyakarta dapat disimpulkan bahwa: (1) rata-rata skor motivasi belajar siswa pada pra tindakan adalah 57,65 (kriteria cukup) meningkat menjadi 68,86 (kriteria cukup) pada siklus I dan 82,68 (kriteria tinggi) pada siklus II. (2) hasil belajar siswa meningkat dari rata-rata nilai hasil siswa pra tindakan sebesar 42,21 (kriteria rendah) dengan ketuntasan mencapai 17,65% (kriteria rendah) menjadi 67,18 (kriteria cukup) dengan ketuntasan 35,29% (kriteria rendah) pada siklus I dan 80,00 (kriteria tinggi) dengan ketuntasan belajar 76,47% (kriteria tinggi) pada siklus II. 3) keterlaksanaan pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada siklus I 63,3 % (kriteria cukup) meningkat menjadi 91,3% (kriteria tinggi) pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Hasil Belajar Matematika, dan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match |
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | FITRI RIANI |
Date Deposited: | 03 May 2016 08:02 |
Last Modified: | 03 May 2016 08:02 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/561 |
Actions (login required)
View Item |