UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI REJOWINANGUN SELATAN 3 KECAMATAN MAGELANG SELATAN KOTA MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Sofinah, 13255140052 (2015) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI REJOWINANGUN SELATAN 3 KECAMATAN MAGELANG SELATAN KOTA MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Tesis thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1_hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...pdf

Download (991kB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatkan prestasi dan motivasi belajar IPS melalui model pembelajaran Snowball Throwing pada siswa kelas V di SD Negeri Rejowinangun Selatan 3 Kecamatan Magelang Selatan Kota Magelang tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian siswa kelas V di SD Negeri Rejowinangun Selatan 3 yang berjumlah 38 siswa. Prosedur penelitian dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan dalam pembelajaran dalam IPS melalui model pembelajaran Snowball Throwing adalah apabila telah tercapai ketuntasan belajar klasikal 75% dengan KKM ≥75. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa motivasi belajar IPS dapat ditingkatkan dengan model pembelajaran Snowball Throwing, karena dapat membuat siswa lebih aktif, bersemangat dalam belajar, menjadi tekun, menarik, tidak membosankan. Peningkatan motivasi siswa sebelum pra tindakan siswa dengan kriteria sedang ada 5 siswa (13%), kriteria cukup ada 11 siswa (29%), kriteria kurang ada 22 siswa (58%) dan tidak ada kriteria tinggi maupun sangat tinggi. Setelah dilakukan siklus I motivasi siswa menjadi meningkat ada 10 siswa (26%) kategori tinggi, 17 siwa (45%) dalam kategori sedang, 6 siswa (16%) kategori cukup dan 5 siswa (13%) dalam kategori kurang. Padaa siklus II motivasi siswa meningkat menjadi kategori sangat tinggi ada 24 siswa (63%) dan kategori tinggi 14 siswa (37%). Prestasi belajar pada pra siklus ada 15 siswa (38%) tuntas dengan rata-rata kelas 66,84. Pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 28 siswa (74%) tuntas dengan rata-rata kelas 78,05. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yang sangat baik menjadi 38 siswa (100%) tuntas dengan rata-rata kelas 85,23.

Item Type: Thesis (Tesis)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Prestasi Belajar IPS, Snowball Throwing
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 03 May 2016 03:13
Last Modified: 03 May 2016 03:13
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/549

Actions (login required)

View Item View Item