HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VII SMP N 1 SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016

SARININGRUM, 11144200118 (2016) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VII SMP N 1 SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat hubungan konsep diri dengan penyesuaian diri siswa kelas VII SMP N 1 Sleman Tahun Pelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Sleman Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 220 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik quota purposive random sampling dengan mengambil sampel sejumlah 110 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dengan penyesuaian diri siswa dengan mengetahui r hitung sebesar 0,636 > tingkat signifikansi 5% sebesar r tabel 0,185 yang berarti semakin tinggi konsep diri siswa maka semakin tinggi penyesuian diri siswa, sebaliknya semakin rendah konsep diri siswa maka semakin rendah pula penyesuaian diri siswa. Diketahui bahwa tingkat konsep diri siswa berkategori sedang dan tingkat penyesuian diri siswa berkategori sedang. Berdasarkan kesimpulan di atas dapat memberi petunjuk kepada pihak sekolah bahwa dalam penyesuaian diri siswa, konsep diri sangat berperan penting dan dapat dijadikan dorongan serta motivasi bagi keberhasilan siswa dalam proses belajar mengajar di sekolah. Penyesuaian diri siswa akan teratasi dengan baik, bilamana didukung adanya layanan bimbingan, perhatian, motivasi dan peran dari berbagai pihak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri, Penyesuaian Diri
Subjects: Psikologi > Psikologi Terapan > Psikologi Konseling, nasihat, penyuluhan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 02 May 2016 05:03
Last Modified: 02 May 2016 05:03
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/540

Actions (login required)

View Item View Item