PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ALAM SEKITAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD KELAS III ALIAN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Zuhrotunnisa, 11144600130 (2016) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ALAM SEKITAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD KELAS III ALIAN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen I, hlm, sampul, abstrak, Persetujuan hingga daftar isi dan Bab I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka+Lampiran Penting.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perbedaan signifikan hasil belajar matematika yang menggunakan media pembelajaran berbasis alam sekitar ditinjau dari nilai pretest dengan nilai posttest pada kelas eksperimen, (2) untuk mengetahui perbedaan signifikan hasil belajar matematika yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis alam sekitar ditinjau dari nilai pretest dengan nilai posttest pada kelas kontrol, dan (3) untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis alam sekitar terhadap hasil belajar matematika siswa SD kelas III Alian Kebumen tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan desain eksperimen semu (Quasi Experimental Design). Populasi siswa SD se-Kecamatan Alian dengan sampel 27 siswa kelas III SDN Jatimulyo sebagai kelas eksperimen dan 24 siswa kelas III SDN Tanuarjo sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dalam penelitian ini melalui teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes berupa nilai pretest dan nilai posttest matematika. Uji hipotesis menggunakan uji t-test paired dan uji t-test independent dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Ada perbedaan signifikan hasil belajar matematika yang menggunakan media pembelajaran berbasis alam sekitar ditinjau dari nilai pretest dengan nilai posttest pada kelas eksperimen dari nilai pretest dengan nilai posttest karena ttabel(26) = -2,056 > thitung = -38,810. (2) Ada perbedaan signifikan hasil belajar matematika yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis alam sekitar ditinjau dari nilai pretest dengan nilai posttest pada kelas kontrol ditinjau dari nilai pretest dengan nilai posttest karena ttabel(23) = -2,069 > thitung = -9,015. (3) Tidak ada pengaruh media pembelajaran berbasis alam sekitar terhadap hasil belajar matematika siswa SD kelas III Alian Kebumen tahun pelajaran 2015/2016 karena ttabel(49) = 2,010 > thitung = 1,469. Implikasi dari penelitian ini adalah media berbasis alam sekitar dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa namun peningkatannya tidak terlalu besar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Berbasis Alam Sekitar, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 02 May 2016 03:50
Last Modified: 02 May 2016 03:50
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/535

Actions (login required)

View Item View Item