UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 2 GALUR

Desi Tri Wulandhari, 11144100043 (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 2 GALUR. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
doc1.pdf

Download (705kB) | Preview
[img] Text
doc2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] Text
doc3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img] Text
doc4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)
[img]
Preview
Text
doc5.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan pecahan. Model yang digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Penelitian ini dilakukan di SMP N 2 Galur pada tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas secara kolaboratif yang menggunakan alur penelitian tindakan kelas dengan beberapa tahap penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP N 2 Galur sebanyak 32 siswa. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika materi pecahan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, tes dan dokumentasi. Sedang teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menelaah seluruh data yang dikempulkan pada saat penelitian dengan teknik analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada siswa kelas VII A SMP N 2 Galur dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pada siklus I dan siklus II dari tahapan persiapan, kegiatan kelompok, pengerjaan tugas sudah terlaksana dengan baik sesuai dengan RPP sehingga; (1) motivasi belajar siswa meningkat dari presentese analisis observasi motivasi belajar siswa 60,06% kategori cukup pada siklus 1, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 76,19% masuk kategori tinggi. (2) prestasi belajar siswa meningkat dari rata-rata 48 (kualifikasi kurang) dengan presentase ketuntasan 12,50% pada pra tindakan menjadi 71,15 (kualifikasi cukup) dengan presentase ketuntasan 34,38% pada siklus 1 dan pada siklus II meningkat menjadi 82,81 dengan ketuntasan mencapai 71,88%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing, motivasi belajar, dan prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 02 May 2016 03:45
Last Modified: 02 May 2016 03:45
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/534

Actions (login required)

View Item View Item