UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PADA BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (Student Teams Achievement Divisions) PADA SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 1 SRANDAKAN

Fika Sundari, 11144100118 (2016) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PADA BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (Student Teams Achievement Divisions) PADA SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 1 SRANDAKAN. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen COVER.pdf

Download (802kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB I.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dokumen LAMPIRAN 1.pdf

Download (26MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dokumen LAMPIRAN 2.pdf

Download (41MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika pada materi operasi hitung pada bilangan bulat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) pada siswa kelas VIIB SMP Negeri 1 Srandakan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Srandakan pada bulan November-Desember 2015. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan 4 tahapan yaitu: perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting), dan dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 1 Srandakan tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, kuis, tes prestasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data dengan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) pada siswa kelas VIIB SMP Negeri 1 Srandakan dapat disimpulkan bahwa: (1) rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus 1 adalah 75% (kriteria tinggi) meningkat menjadi 95% (kriteria sangat tinggi) pada siklus II. (2) hasil belajar siswa meningkat dari rata-rata nilai prestasi siswa pra tindakan sebesar 54,78 (kriteria rendah) dengan ketuntasan mencapai 0% menjadi 78,125 (kriteria tinggi) dengan ketuntasan 65,625% pada siklus I dan 83,75 (kriteria sangat tinggi) dengan ketuntasan belajar 90,625% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar Matematika, Hasil Belajar Matematika, dan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions)
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 02 May 2016 03:37
Last Modified: 02 May 2016 03:37
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/533

Actions (login required)

View Item View Item