UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) SISWA KELAS VIIIC MTs MUHAMMADIYAH KASIHAN

Nur Afiatun, 11144100040 (2016) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) SISWA KELAS VIIIC MTs MUHAMMADIYAH KASIHAN. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (817kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (978kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan SPLDV dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas VIIIC MTs Muhammadiyah Kasihan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VIIIC MTs Muhammadiyah Kasihan sebanyak 20 siswa. Objek penelitian ini adalah meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan SPLDV dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian Tindakan Kelas dilakukan secara kolaboratif antara guru matematika dan peneliti. Desain penelitian menggunakan desain Kemmis dan Taggart dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, catatan lapangan, angket, tes prestasi belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan cara deskriptif kualitatif maupun secara deskritif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan minat belajar dan meningkatan prestasi belajar siswa pada pelajaran matematika. Peningkatan minat belajar dan prestasi belajar siswa dapat dilihat dari tes prestasi, angket minat belajar dan observasi keterlaksanaan pembelajaran. (1) peningkatan rata-rata minat belajar siswa pada pra tindakkan sebesar 46,75% (kategori rendah), meningkat menjadi 57,88% (kategori sedang) pada siklus I, meningkat kembali menjadi 73,69% (kategori tinggi) pada siklus II; (2) rata-rata tes prestasi belajar siswa pada pra tindakan sebesar 42,00 (kategori rendah) dengan ketuntasan sebesar 25% (kategori rendah), meningkat menjadi 57,86 (kategori sedang) dengan ketuntasan sebesar 50% (kategori sedang) pada siklus I, meningkat menjadi 79,17 (kategori tinggi) dengan ketuntasan 80% (kategori tinggi) pada siklus II; (3) hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran sebesar 80,43 (kategori sangat tinggi) pada siklus I, meningkat menjadi 93,67% (sangat tinggi) pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar Siswa, Prestasi Belajar siswa, Pembelajaran kooperatif, Numbered Heads Together (NHT)
Subjects: Psikologi > Kecerdasan intelektual dan mental > Kemauan: motivasi, brainwashing, persuasi
Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 02 May 2016 03:02
Last Modified: 02 May 2016 03:02
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/530

Actions (login required)

View Item View Item