UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII B SMP MUHAMMADIYAH 1 MINGGIR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING

Tri Anjarwati, 11144100158 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII B SMP MUHAMMADIYAH 1 MINGGIR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1_ hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar.pdf

Download (68MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68MB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68MB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68MB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran.pdf

Download (68MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Siswa Kelas VIII B SMP Muhammadiyah 1 Minggir. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 1 Minggir pada bulan Oktober sampai dengan November 2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan 4 tahapan yaitu: perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflection). Dilakukan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII BSMP Muhammadiyah 1 Minggir yang berjumlah 36 siswa terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Obyek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes kemampuan berpikir kritis, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan rata-rata. Model pembelajaran Inkuiri Terbimbing telah meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan rangkaian pembelajaran yang menekankan kepada pengemabangan aspek kognitif, afektifm dan psikomotor secara seimbang, sehingga pembelajaran melalui model pembelajaran ini lebih bermakna.. Berdasarkan hasil observasi guru dan siswa yang dilakukan oleh dua observer, menunjukan hasil observasi guru pada siklus I sebesar 77,50% (kualifikasi tinggi) dan observasi siswa sebesar 70,45% (kualifikasi sedang). Sedang hasil pada siklus II mengalami peningkatan yaitu persentase observasi guru pada siklus II sebesar 95,00% (kualifikasi tinggi) dan observasi siswa 90% (kualifikasi tinggi). Sedangkan analisis hasil penelitian yang dilakukan di kelas VIII B SMP Muhammadiyah 1 Minggir, keberhasilan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing telah meningkatkan kemampuan berpikir kriris siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 1 Minggir. Keadaan awal siswa sebelum dikenakan tindakan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 35 (kategori sangat rendah) dan meningkat pada siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 48,33 (kategori rendah) dan pada siklus II meningkat menjadi 74,26 (kategori sangat tinggi).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dan Inkuiri Terbimbing
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 02 May 2016 03:12
Last Modified: 02 May 2016 03:12
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/528

Actions (login required)

View Item View Item